Ilustrasi self-talk/Freepik
Ilustrasi self-talk/Freepik
KOMENTAR

POSITIVE self-talk memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental dan kesehatan fisik, contohnya meningkatkan imun tubuh, meringankan keparahan penyakit, dan juga bisa menurunkan risiko kematian pada penderita penyakit berat, seperti kanker.

Self-talk juga memiliki manfaat membantu mengatasi gangguan makan (eating disorder). Seperti diketahui, eating disorder dapat memicu berbagai masalah kesehatan, salah satunya obesitas (berat badan berlebih) atau sebaliknya, anoreksia.

Beberapa manfaat self-talk dalam segi kesehatan mental di antaranya:

Mengurangi Risiko Stres Dan Depresi

Dengan menerapkan positive self-talk dalam rutinitas sehari-hari dapat mengurangi gejala depresi, kecemasan, kelelahan mental, dan juga gangguan kepribadian dengan efektif.

Menerapkan self-talk juga dapat mengembangkan pemikiran optimis ketika menghadapi masalah yang berpotensi menimbulkan stres. Positive self-talk mampu mengubah cara pandang menjadi lebih positif saat menghadapi masalah yang berat.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Melalui positive self-talk, tingkat kepercayaan diri dan harga diri seseorang bisa menjadi lebih tinggi, hal ini penting terutama saat sedang menghadapi masalah atau saat berusaha mencapai tujuan.

Kepercayaan diri yang diperoleh dari positive self-talk adalah dapat mengurangi perasaan insecure. Menerapkan positive self-talk juga dapat menjauhkan kamu dari keinginan untuk melukai diri sendiri (self harm) bahkan menghilangkan pikiran untuk mengakhiri hidup.

Meningkatkan Motivasi

Self-talk dapat menjadi perantara dalam mengintropeksi diri, mengenali aspek positif dan negatif dalam diri, dan juga dapat memacu motivasi diri yang berperan dalam meningkatkan pencapaian seseorang.

Mengambil Sisi Positif dari Suatu Peristiwa

Saat mengalami masalah yang buruk, self-talk dapat membantu kamu mengambil hikmah atau sisi positif dari pengalaman tersebut dan menjadikannya sebagai pelajaran dalam hidup.

Membuat Hidup Lebih Bahagia

Terbiasa lakukan self-talk dapat meningkatkan kualitas hidup, sehingga membuat seseorang merasa lebih percaya diri dan membantu meningkatkan kedamaian hati dalam berbagai situasi.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health